Friday, April 4, 2014

Cerita Kelahiran Kesayangan: Nara Dirga (Part II)

Sebelum semakin lupa, ini dia lanjutan cerita kelahiran Nara..
oiya karena ada temen yang protes, pilihan bahasa yang dipake plintat plintut, kadang formal, kadang enggak.. Hehe bener juga sih, jadi okedeh mulai sekarang pake bahasa nggak formal aja kali yahhh haha....

Setelah proses induksi pertama dilewati, selanjutnya adalah tahap klisma/enema, bahasa gampangnya sih dikasih obat pencahar lewat anus, semacam microlax tapi beda merek aja. *lupa gak foto* Gak sampe 5 menit langsung sakit perut, terus lari deh ke toilet yang kebetulan masih di ruangan itu juga alhamdulillah. Disini kondisi masih seger buger, belum ada efek apa-apa juga dari obat induksi'nya dan diminta aktif gerak sama bidannya. Yaudah mondar-mandir aja di dalem ruangan. Jam terus berjalan, papa mertu sempet dateng sendiri buat nengok keadaan anak dan menantu'nya, mama mertu gak ikut karena hari itu masih masuk kerja. Bawain kamera yang dikiranya ketinggalan, padahal emang sengaja ditinggal karena suami males foto-foto mengabadikan setiap proses menuju kelahiran Nara (sekarang aja baru nyesel foto-fotonya cuma dikit).

Masuk waktu dzuhur, masih berusaha nyempetin solat dzuhur karena memang masih sehat-sehat aja belum ada drama. Ngemil banyak cemilan yang dibawain mamah, niatnya gak mau makan nasi karena takut ngebayangin nanti pas mau lahiran terus ngeden, yayang keluar barengan feses, kan kesian. Padahal sama aja yah, itu ngemil kan juga nanti jadinya apa coba. Pas lagi solat, bidan Maryam dateng lagi ke kamar yang berniat mau prosedur CTG lagi, karena liat ibu hamilnya solat maka keluar lagilah bu bidan entah kemana.
Gak lama, bidan Maryam dateng lagi bawa seperintilan lagi alat-alat CTG dan gel yang diolesin ke perut kaya tadi pagi. Heran dipindah-pindah terus, ternyata sebelumnya habis dipake ibu hamil lainnya di kamar sebelah.


Terus bidannya komen, kurang lebih kaya gini:
Bidan : "Ibu habis solat?"
Bumil : "Iya"
Bidan : "Ngapain solat bu, kan bentar lagi juga paling keluar darah. Jadi yaaaa gapapa kalo gak solat juga."
Bumil : "Gapapa bu bidan, mumpung aku'nya masih seger, masih bisa juga turun dari kasur."
Bidan : --masang muka datar, masang sarung tangan--
Bukan bermaksud riya, yang kaya gini diceritain. Ya tapi aneh aja bidannya, komentaaaaaaar mulu, terus ketus lagi. Heuhh amit-amit jabang baby deh.
VT lagi masih ama bidan yang ini, bener aja kan sakit lagi. Udah bilang pelan-pelan, masih aja di apasih ya bahasanya, dipaksa masuk jarinya, dirojok-rojok gitu. *maap gak nemu bahasa laen hehe*
Bidan : Kayaknya masih belum ada pembukaan bu, mungkin pembukaan 1, tapi itu juga masih sempit. *Ngomong sambil tetep VT kaya gitu. Yayayaa pake perasaan dikit bisa kali.
Bumil : Oooh gitu
Bidan : Nanti saya telfon dulu dokter kandungannya, kemungkinan kalo belum ada perubahan juga, jam 2 masukin obat induksi lagi.
Ngeluyur pergi tanpa pamit, masuk juga begitu sih, nyelonong aje dese.

Dan karena masih belum ada perubahan juga, lanjutlah ke tahap induksi ke-2, gatau deh udah berapa kali di-VT, yang jelas rasanya gak enak, apalagi masih sama bidan ini, ngarep cepetan ganti shift dah. Jam 2 tepat masuklah obat induksi ke-2, gak lama mulai berasa reaksi'nya artinya dimulailah DRAMA.
Kaki rasanya kayak mau copot iya, keram iya, ngilu iya, serba salah deh. Minta dipijit sama mamah, karena suami lagi makan siang. Tapi salah pijit dikit malah jadi tambah merinding, gak enak badan emm apa ya. Nyesel dah gak bener-bener belajar pijet endorfin, cuma konsen ke cara nafas yang bener pas menjelang lahiran nanti dan alhamdulillah'nya udah sering di-sharing ke suami. And it really works!

Coba nikmatin tiap prosesnya, mau turun dari kasur gak berdaya, boro-boro mau jalan, tiduran telentang aja pun gak enak karena rasa mulesnya makin menjadi-jadi. Jadinya milih tiduran miring ke kiri sama seperti posisi biasa pas tidur semasa hamil, karena menurut penelitian-penelitian tidur miring ke kiri buat ibu hamil adalah yang paling baik. Kali ini bidannya udah ganti, tapi lupa namanya siapa, kayanya bu bidannya juga gak ngenalin namanya, apa ibu hamilnya yang emang gak konsen. Masih terus VT, bukaan masih segitu-gitu aja. Bukaan 1 menuju 2 tapi masih juga sempit, disaranin buat makan makanan yang udah disediain dari RS biar ada tenaga, tapi ini calon emak-emak masih kekeuh gak mao makan (belom aja kelaperan).
Akhirnya minum teh manis anget dibikinin mamah, karena udah bekel teh celup, termos panas dari rumah hahaa. Padahal di RS pun ternyata bisa request, tau gitu mah -___-'

Lewat ashar menjelang magrib, tingkat kontraksi makin tinggi. Lupa entah mulai kapan, abis CTG uda disuruh pake oksigen sama bidan'nya. Beneran berasa orang sakit, padahal itu oksigen gak berasa apa-apa, cuma dingin-dingin dikit doang diidung, boro-boro ngurangin rasa mules. Hahaa yaiyalah orang gak ada hubungannya sama sekali. Kontraksi datangnya udah mulai teratur beberpa menit sekali (maap gak sempet ngitung), yang jelas udah tau ritme'nya pas itu. Pas kontraksi dateng, meluk suami yang berdiri disebelah kasur. Bayangin gimana coba cara, bisa-bisanya bumil yg lagi tidur miring sambil meluk suami. :p
Ya sekenanya aja jadinya, yang penting tangan melingker di pinggang suami, dan gak tau kenapa sedikit nenangin, sedikit aja sih! Apa karena hormon bahagia'nya berproduksi saat itu? Bisa jadi. Jarang-jarang pula suami mau dipeluk lama-lama, apalagi depan orang laen. Hahahaa

Saat itu masih tetep formasi yang sama Mamah dan Suami. Pokonya mereka berdua ibarat pemain pengganti satu sama lain deh. Suami keluar solat, mamah yang nemenin di samping entah itu mijit ato dipeluk-pelukin. Mamah solat, suami yang nemenin di samping, walo kadang gak betah kelamaan. Yailah masih aje!

Kondisi bumil mulai melemas, ya gimana engga udah didera mules berkepanjangan yang datang dan pergi. Posisi badan berubah dikit yang ada tambah mules. Salah elus pun juga tambah merinding-merinding mules. Ditambah belum ada makanan berat yang masuk ke badan. Drama makin menjadi-jadi sampai magrib dateng, masih kontraksi tapi tanpa tambahan pembukaan. Kata suami sih, istrinya dah mulai pucet. Tenaga udah mulai berkurang, lemes, akhirnya makan juga. Sepenglihatan mata dan serasa dilidah sih itu ayam dada fillet yang dislimutin tepung roti, dilahap ajadeh sambil disuapin suami. Masih inget banget mamah nanya "itu menu'nya apa?", terus gw bilang "ayam mah". Mamah bilang "oooh", okee udah sampe disitu, ditengah suami nyuapin makan, kalo gak salah suami dipanggil bidan apa suster deh buat tanda tangan administrasi printilan-printilan apa itu gak tau. Gantian mamah yang nyuapin makannya, sambil nyuapin mamah nyobain lauknya, kata mamah "ini mah ikan de", anaknya masih kekeuh sumekeuh "enggak, ayam mah". Balik lagi suami yang nyuapin, terus ikut nyobain lauknya juga, terus bilang "iya ini mah ikan", istrinya masih nyaut "ayam kok". Mamah bilang deh, "iyaaaa ayam".
Intermezzo sekilas, kejadian ini dibahas setelah nara lahir, dan ternyata gw yang ngaco. Orang itu beneran ikan kok, jauh bener rasanya sama ayam, bahkan penampakan teksturnya kan juga mesti beda. Tapi yaitulah kali ya sensasinya orang mau melahirkan, yang katanya rasanya udah antara hidup dan mati. Eh ini malah rasa sakitnya ngefek ke salah bedain mana ikan mana ayam. Mamah sama suami iya-iya aja lagi, tapi ketawa dalem hati. Bahahhahaaa

Hampir 12 jam berlalu, dari jam 7 pagi pas masuk ruang persalinan sampai jam 7 malem keadaan masih sama, masih pembukaan 2. Shift bidan pun udah ganti lagi untuk yang ke-3 kalinya, dan ternyata yang kebagian shift malem itu bidan Fanny yang tadi pagi! Seneng lah ya karena bidan yang ini kan baik banget, mudah-mudahan yayang lahir pas masih dibawah penanganan bidan ini. Terus sekarang malah kangen masa-masa itu. Masa apa? masa dimana tumben-tumbenan si suami mau meluk lama-lama di depan orangg banyak. *yaa kalo bedua doang meluknya seberapa lama gak usah dibahas juga kali yeuuu

Nah terus,
Gimana keadaan sekitar?

No comments:

Post a Comment