Tuesday, May 20, 2014

Perkara Nama Baik

Kemaren nih pas lagi libur ngantor, ada pertentangan dikit sama Papa'nya anak-anak. (eh, anak gw baru 1)
Sabab musababnya dimulai dari aktivitas kita yang udah direncanain buat nengokin anak laki-laki Pak Ustad yang ke-4, biasalah pertanyaan pada umumnya ketika nengokin new born baby adalah. "Nama'nya siapa?"
Yang tulisannya ditebelin itulah yang akan menjadi akar masalah siang kemaren.

Nama bayi'nya ustad adalah Alif, setau kita alif itu kan artinya satu.
Langsung nanyalah itu papa'nya Nara ke ustad: "Loh tad, alif artinya satu kan, kok dikasih nama alif. Kan anak ke-4?"
Gak tau deh jawabannya ustad ke suami apa, kedengeran tapi sayup-sayup gak jelas. Tapi inti dari jawaban ustad adalah yang penting artinya baik.

Mulai dari situlah bapake Nara ngajak adu argumen, nginget-nginget jaman galau pas hari ke-3 pasca melahirkan di RS bingung mutusin pilihan nama pertama buat si yayang tercinta ini.


"....... DIRGA AFANDI"

Itu pilihan kata untuk nama panjang yayang yang sudah direncanain jauh-jauh hari sebelum kamu lahir, dan itu ide papa'nya Nara. Bunda'nya mah ya setuju-setuju aja, selama artinya baik-baik aja, bukan arti yang jelek. Karena "katanya" nama adalah do'a.
Nah terus kenapa pilihannya jatuh pada kata-kata berikut, kita bahas dulu deh arti masing-masing kata'nya:

Dirga itu artinya Udara (Bahasa Melayu-Indonesia).
Afandi itu nama keluarga datuknya Nara yang artinya Mulia (Bahasa Arab).

Sempet muncul banyak nama-nama yang mau kita pilih, tapi karena kata kedua dan ketiga'nya udah fix, yang artinya pilihan kata pertama pun harus nyambung dong ya sama nama depannya. Sampai yayang udah lahir pun, Papa sama Bunda'nya masih bingung juga? Ahhhh, jangan ditiru ya! Hiks

Akhirnya setelah 2-3 kali ditanya suster RS Hermina nama yayang untuk dibuatkan Surat Keterangan Lahirnya (SKL), terpilih lah nama yang sekarang..


"NARA DIRGA AFANDI"

Nara artinya Bahagia/Gembira (Bahasa Latin) atau Manusia (Bahasa Jawa).
Setidaknya ini arti yang pertama kali Bunda dapet di buku nama-nama bayi dan hasil gugling.
Untuk arti lainnya, yuk kita liat disini atau ini deh printscreen'nya.




Apapun itu, sepanjang apapun perdebatan bunda dan papa. Nama untukmu sudah kami pilih Nak, dan iya (dulu) seingat Bunda atas kesepakatan bersama. Terserah papa deh mau komen apalagi, mau ngedebatin apalagi. Yang jelas, ini nama terbaik yang dipilih untukmu.

Semoga kamu tumbuh besar menjadi manusia yang selalu berbahagia dan penebar kebahagian bagi orang-orang di sekelilingmu Nak. :)

No comments:

Post a Comment