Friday, October 10, 2014

9 bulan kurang 1 minggu

Cerita yang sebetulnya udah lewat, tapi masih satu minggu yang lalu. Ala anak bunda sakit, awalnya dimulai dari panas yang naik turun 3 hari berturut-turut, mulai dari senin malam. Tapi begitu suhu ala sampai di 37,5 derajat, langsung dikasih parasetamol. Maklum ketidaktahuan ibu-ibu muda yang masih minim informasi :(
Khawatir? ya pasti, tapi inget beberapa minggu yang lalu ala juga sempet panas 2 hari, eh ternyata besoknya tumbuh 2 gigi bawahnya. Jadi berspekulasi mungkin yang ini juga karena mau tumbuh gigi yang atasnya, karena udah mulai bengkak-bengkak juga gusinya.
Begitu hari kamis dini hari, jam 2 pagi bunda kebangun untuk angetin susu ala, pegang badan ala kok ya makin panas, padahal sebelumnya jam 12 masih adem-adem aja. Langsung lah diukur pake termometer, awalnya suhunya 39,2 derajat. Ahhh bunda masih gak percaya, mungkin termometernya salah, ganti pake termometer lain ternyata malah makin tinggi jadi 39,6.

Langsung lah saat itu juga jam 02:30 dini hari ala dibawa ke IGD sama Papa, Bunda dan Oma. 
Sempet bingung mau bawa ala ke RS mana, RS deket rumah kok ya gak begitu menyakinkan karena inget dulu ada satu dokter yang seenak-enaknya nyuruh bunda kuret pas lagi hamil ala. Akhirnya pilihan terakhir dibawa lagi ke RS tempat ala lahir dulu ya di RS Hermina Daan Mogot lagi. Walaupun udah tau, kadang suster-susternya kurang sigap sama pasiennya. Tapi ya mau gimana lagi, yang penting ala segera ditangani dokter.
Sampai RS langsung gendong ala ke IGD, ditanya susternya.
Suster: "Anaknya kenapa bu?"
Bunda: "Panas tinggi suster..." *dalem hati pingin bilang buruaaan ini ditanganin
Tapi santai aja si suster nyuruh, ditimbang dulu anaknya.. Duh penting ya?
Okelah, biar tau kenaikan berat ala.. Terakhir ala nimbang pas masih 8 bulan pas 7,1kg nah pas tanggal 2 Oktober kemarin tepat usia ala 8 bulan 3 minggu naik jadi 7,65kg. Alhamdulillah naik lumayan banyak, karena ala sudah mulai MPASI 2-3 kali sehari, yang sebelumnya masih 1x aja.
Setelah ukur berat, kita disuruh suster ke kasur, terus diukur suhu badan ala sama suster tadi, beberapa menit begitu suhunya ketauan masih 39 koma, susternya komen gini: "Waaw 39, tinggi ya"
Ikkkh apa banget deh ini suster, komennya bukan nenangin kok ya malah kayak gitu.. *sebelaampeubunubun

Susternya langsung ngeloyor pergi, dateng dokter jaganya. Tanya ini itu, ada flu batuk, riwayat jatuh gak? riwayat step atau gak. Terus udah aja, susternya ngasih obat yang dimasukin lewat dubur terus badan ala dikompres semuanya pakai air hangat dan gak boleh pake diapers dulu biar ketauan seberapa banyak pipisnya katanya. 

Terus ala sendiri gimana?
Walaupun panasnya tinggi gitu, ala'nya hepi-hepi aja, sepanjang jalan ke RS juga melek. Entah kenapa dia excited banget tiap kali diajak naik mobil. Cuma nangis pas dikasih obat karena gak nyaman kali ya, dan diambil darahnya untuk dites gimana hb, ht, leukosit dan trombositnya. Setelah itu main-main aja dikasurnya sambil nyanyi-nyanyi, joget-joget sama nonton upin ipin. Dokternya pun heran, ala seger-seger aja.

Dan Alhamdulillah 30 menitan hasil darahnya keluar dan semuanya normal, jadi ala boleh pulang kata dokternya , cuma dikasih obat pilek, anti virus dan anti alergi. Karena saat itu wajah ala agak merah-merah gitu. Bunda sama oma sih ngira apa ini mau campak. Tapi kata dokter bukan, itu cuma karena panas aja. Oke, kita percaya apa kata dokter deh

Mari kita pulang dan selesein administrasi
Sambil nunggu papa Ala urus administrasinya di lantai 2, bunda sama Ala ngapain?
Ala digendong sambil sibuk nonton upin ipin di hp Oma. 

Sampe rumah, panas ala emang udah turun, masih main-main sebentar. Entah kenapa si bocil ini seneng banget kalo diajak jalan-jalan keluar rumah dan ada di dalem mobil. Jarang banget bobo, kecuali udah super ngantuk berat.
Paginya, muncul bercak merah-merah di sekitar wajah.
Panasnya? panasnya malahan udah reda!

Browsing-browsing, tanya temen, ini campak apa bukan. Terus dikasih tau lah link'nya mommiesdaily sama temen tentang perbedaan campak-rubella-dan roseola. Kalau diliat dari gejalanya sih, ala termasuk tipe yang roseola. Sakit karena virus dan akan sembuh dengan sendirinya.
Alhamdulillah setelah hari ke-3 merah-merahnya mulai hilang.
Dan ala sehat kembali :)

No comments:

Post a Comment